Fakta Seputar Stadium Jakarta

Berapa banyak di antara kalian yang mengetahui dengan baik riwayat diskotik terkenal Jakarta yang satu ini? Diskotik yang baru ditutup setelah meluasnya kasus kematian seorang polisi yang diakibatkan overdosis ini seperti tidak ada matinya.

Setelah ditutup pun, masih banyak orang yang mengingat dan mengenang masa-masa ketika mereka berada di sana, berteriak-teriak dan menggoyangkan badan.

Riwayat Stadium Jakarta

Berdiri sejak 1997 di Hayam Wuruk Jakarta Barat, Stadium merupakan gedung 4 lantai dengan desain eropa klasik yang elegan. Kamu bisa makan di Cafetaria & Restaurant lantai 1, karaoke dan ajojing ringan di Small Disco Floor lantai 2, minum dan mendengarkan musik di Pub & Live Music lantai 3, terakhir, dan yang paling meninggalkan kesan untuk orang-orang, kamu bisa bergoyang sepuasnya, dan segilanya di XXL Club-nya lantai 4. Gedung ini dapat menampung sekitar 5000 pengunjung. Pengunjung pada saat akhir pekan dan libur bisa melonjak sampai berlipat-lipat dari hari biasa.

DJ yang bermain di Stadium pun, selain DJ Stadium sendiri, biasanya juga ada DJ internasional yang terkenal. Stadium pernah mengundang DJ terkenal seperti DJ Ame dan Luciano. Ada juga DJ terkenal dari Ibiza seperti DJ Pippy. Sebelum ditutup, stadium makin sering mengundang DJ Internasional. Rata-rata 2 per bulan. Tapi buat pengunjung setia, biasanya mereka sampai bisa menghapal lagu-lagu kebangsaan Stadium yang biasanya diputar oleh Resident DJ (DJ yang memang dari Stadiumnya, bukan undangan).

Daftar lagu-lagu kebangsaan Stadium (Sebutannya Stadium Songs):

  1. Feel So Good
  2. Walking On Air
  3. Letting Go
  4. Close To The Star
  5. Beautiful Lie

Keamanan Stadium Jakarta

Secara gamblang, Stadium memang termasuk klub malam besar yang ‘memegang’ Jakarta. Semua hal malam yang pernah kamu bayangkan, ada di sini. Wanita malam, obat-obatan terlarang, semuanya tinggal kamu minta pada waitress. Bukan rahasia lagi kalau Stadium juga merupakan salah satu lokasi transaksi obat-obatan paling ‘kencang’ di Jakarta.

Tapi bukan berarti di Stadium tidak ada penggrebekan. Polisi terkadang menggrebek Stadium untuk pengecekan rutin. Tapi, meskipun namanya ‘penggrebekan’, biasanya pihak Stadium sudah diinformasikan sebelumnya, sehingga pihak Stadium sendiri sudah bisa memberi peringatan secara tidak langsung kepada pengunjungnya agar berhati-hati. Stadium juga termasuk klub yang akan angkat tangan apabila ada transaksi yang ketahuan di dalam lokasi klub, meskipun pihak penjual adalah dari Stadium itu sendiri.

Lucunya, dari empat lantai, dan dari banyaknya orang yang datang setiap hari ke sana, Stadium hanya memiliki 1 pintu darurat. Jadi, mereka yang ke sana sepertinya perlu berdoa sedikit keras agar tidak terjadi apa-apa. Karena kalau terjadi apa-apa, seperti kebakaran atau lainnya, terbayangkah oleh kalian akan se-hectic apa situasi penyelamatan di sana?

Mengenang Peristiwa Besar (Unik) di Stadium Jakarta

Bulan Juli, 2009

Ada perkelahian di Stadium yang mengakibatkan beberapa orang terluka dan satu orang meninggal. Menurut berita, perkelahian didalangi oleh sekelompok orang berpakaian putih yang ingin menutup Stadium.

Bulan Maret, 2011

Dikabarkan, Stadium mengundang, atau mungkin lebih tepatnya dikatakan, menyediakan penari telanjang. Penari telanjang ini awalnya tidak ada di Stadium. Pengunjung setia Stadium mengasumsikan ini sebagai niat baik dan inovasi baru oleh pihak Stadium untuk menjaga kepuasan pengunjung-pengunjung setianya.

Bulan Mei, 2014

Stadium resmi ditutup. Diawali oleh peristiwa meninggalnya seorang polisi yang overdosis ketika sedang berpesta di dalam Stadium. Hal ini dinilai oleh Wakil Gubernur Jakarta, Bapak Ahok, sebagai suatu hal yang sangat keterlaluan dan kelewatan, sehingga dengan marah dia menghubungi Dewan Administrasi Hiburan Jakarta untuk menutup Stadium.